SEA Games dalam Tiga Bulan, Siapa yang akan menjadi CDM?

Hasil gambar untuk sea games cdm

Chef de Mission (CdM) atau pemimpin kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 di Filipina belum dikonfirmasi. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

SEA Games 2019 akan berlangsung di Filipina mulai 30 November hingga 11 Desember. Ada 52 olahraga untuk dimainkan, Indonesia berencana tampil di hanya 36 sektor. Namun, tiga bulan sebelum acara KOI, kontingen Indonesia belum mengumumkan CdM.

“Kami akan mengumumkannya nanti,” kata sekretaris jenderal sementara KOI Hellen Sarita De Lima, Rabu (13.08.2013) di kantor KOI, FX Sudirman.

Idealnya, penunjukan CDM terjadi enam bulan sebelum pesta olahraga diselenggarakan. CDM meluangkan waktu untuk mengenal atlet dan ofisial dengan lebih intens. Setidaknya, untuk mengetahui secara detail kondisi atlet yang diwariskan, sehingga tidak lagi terabaikan dengan penampilan atlet yang cedera.

Pemerintah membuat perubahan positif ketika menunjuk Raja Sapta Oktohari, komandan kontingen Olimpiade Rio de Janeiro delapan bulan sebelum acara. Sayangnya, kebiasaan ini diulangi di SEA Games.

“Kami akan bicara nanti, oke (tutup), nanti kami akan mengumumkannya dalam waktu dekat,” katanya.

Tidak hanya di CDM, kontingen Indonesia belum terbentuk. Hellen mengatakan partainya masih menunggu hasil pemantauan dan evaluasi tim KOI sebelum terdaftar pada tanggal 2 September.

“Tim pemantauan dan evaluasi KOI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga akan bekerja bersama di lokasi untuk menjamin hasil pelatihan nasional, dan selanjutnya data akan digunakan untuk menentukan berapa banyak kontingen, baik olahraga dan dengan nama, yang akan dikirim,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *